25 September 2007

PROFIL ANGGOTA SESAWI



Walaupun perkumpulan ini dimulai dari para mantan Novis SJ, yang semuanya adalah kaum lelaki, para isteri & anak sudah dilibatkan sejak awal. Bagi anak-anak tidak ada masalah karena bagi mereka senang bertemu teman baru & bermain. Namun demikian, bagi para isteri tidaklah mudah untuk mulai belajar mengenal semangat Ignatius.

Perlahan para isteri mulai memahami cara berpikir suaminya selama ini yang baginya tidak masuk akal. Cara yang kami pergunakan adalah dengan sharing kelompok baik berpasangan maupun khusus bapak/ibu. Dengan cara demikian para suami mulai dapat memahami apa yang selama ini menjadi kesulitan pasangannya. Bagi para isteri mulai dapat mengerti jalan pikiran, cara bertindak suami dengan semangat Ignatius yang didapatnya ketika di dalam Serikat.

Harapannya, setelah menyelesaikan permasalahan dalam keluarga, kelompok ini mulai dapat melaksanakan apa yang menjadi Visi & Misinya. Hal ini akan sangat terlihat dalam kegiatan yang telah berjalan sampai dengan hari ini.

A.Berdasarkan "Pendataan Sesawi 2007", jumlah mantan Novis SJ Girisonta adalah 493. Dari jumlah tersebut 213 orang sudah teridentifikasi*.

B.Secara geografis, 213 mantan Novis ini tinggal di daerah sbb:

     

Berdasarkan profesi, 213 mantan Novis ini bekerja di bidang-bidang pekerjaan sbb:

     

Dari total 493 mantan novis yang berhasil tercatat, jumlah per angkatan dapat dilihat pada tabel berikut:

      

   

   

* Sumber yang digunakan untuk "Pendataan Sesawi" tersebut adalah: 1). Buku "Serikat Yesus di Indonesia 1860 - 1997", disusun oleh P.Th. Hendriks, SJ dan P.J. Lampe, SJ (2). Katalog Provinsi Indonesia Serikat Yesus 1997 - 2007 (3). Sumber-sumber lain yang relevan, termasuk sumber "dari mulut ke mulut". Dalam "Pendataan" tersebut, hanya dipilih yang lahir setelah 1910 dan berasal dari Indonesia.
www.provindo.org


Profil Anggota SESAWI
Prepared by Mispan Indarjo
Updated 21 September 2007


No comments: